0

5 Kasus Kejahatan yang Terbongkar Karena Facebook

facebook
Facebook mungkin sudah menjadi bagian kehidupan bagi sebagian besar pengguna internet, tak terkecuali para penjahat yang kerap memamerkan aksinya.

Sifat Facebook yang kadang menjadi ajang ‘unjuk diri’ bahkan beberapa kali dimanfaatkan kepolisian untuk mengungkap dan mengejar pelaku kejahatan.

Misalnya kasus pencurian yang dilakukan oleh Jonathan Parker, Michael Baker, dan beberapa penjahat lainnya. berikut 5 kejahatan yang terbongkar melalui jejaring sosial ini.

PEMBOBOLAN RUMAH
PEMBOBOLAN RUMAH
Aksi yang dilakukan remaja ini berlangsung pada Agustus 2009 silam saat ia menerobos masuk sebuah rumah di kawasan Martinsburg, Virginia bagian barat.

Usai mencuri beberapa barang berharga dari rumah tersebut, Parker menyempatkan diri untuk membuka akun Facebooknya melalui komputer korban. Sial baginya, karena terburu-buru ia pun bergegas meninggalkan lokasi tanpa melakukan logout.

Alhasil, berbekal akun Facebook yang masih terbuka, polisi pun dapat meringkusnya dengan mudah. Apalagi di dalamnya sudah terdapat berbagai macam identitas diri.

PENCURI BENSIN MOBIL POLISI
PENCURI BENSIN MOBIL POLISI
Michael Baker, pria 20 tahun ini harus berurusan dengan pihak berwajib karena nekat menyedot bensin dari mobil polisi yang sedang parkir.

Aksi ini terungkap saat kekasih Baker menggungah foto dirinya yang sedang memegang jerigen bensin serta mengacungkan jari tengah di sebelah mobil polisi yang menjadi korban.

Berbekal informasi itulah polisi akhirnya berhasil meringkus pelaku. Menurut keterangan pihak berwajib, ini bukanlah kali pertama Baker melakukan aksi nakalnya itu. Kini ia dituntut dengan kejahatan pencurian.

PENCURI PAPAN NAMA HAKIM
PENCURI PAPAN NAMA HAKIM
Penjahat konyol yang juga tertangkap gara-gara Facebook adalah Steven Mulhall, 21 tahun. Ia terbukti bersalah telah mencuri sebuah plat nama kantor milik hakim bernama Michael Orlando.
Polisi mengungkap pencurian ini setelah menemukan foto Mulhall yang sedang berpose dengan papan sang hakim di Facebook. Foto ini diunggah oleh kekasihnya tak lama setelah kejadian.

Papan nama tersebut memang hanya senilai USD 40, namun akibat perbuatannya itu, Mulhall telah merusak pembebasan bersyaratnya dan dikenai pidana pencurian ringan.

PENCURI TELEVISI 27 INCH 
PENCURI TELEVISI 27 INCH
Terkadang, menerima permintaan teman secara sembarang di Facebook bisa berujung bencana, seperti yang dialami pria ini.

Pada Desember 2010, seorang pria yang tidak disebutkan identitasnya itu berhenti di sebuah pompa bensin untuk mengisi bahan bakar namun menyelinap keluar dari stasiun sembari memboyong sebuah televisi berukuran 27 inch.

Berbekal dari data kartu kredit dan foto yang diambil dari kamera CCTV, petugas pom bensin pun mulai melakukan pencarian di Facebook. Beruntung, saat disodori permintaan teman pelaku pun menyetujui tanpa ada rasa curiga.

Nah, bermodalkan data-data yang ada di Facebook itulah pelaku berhasil dibekuk oleh kepolisian setempat.

PERAMPOK WARNET
PERAMPOK WARNET
Kejahatan ini dilakukan oleh dua remaja asal Kolombia. Kedua pelaku yang sudah beberapa menghabiskan waktu di bilik warnet menuju ke kasir untuk melakukan pembayaran.

Namun bukannya membayar, pelaku justru mengambil uang penjaga warnet dan kemudian membawa lari dengan sepeda motor curian. Untungnya, korban menyadari bahwa para penjahat tersebut sebelumnya telah mengakses Facebook dan masih dalam keadaan terbuka. Berbekal informasi di dalamnya polisi dapat dengan mudah menciduk pelaku.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *