0

7 Kelompok Teroris Paling Terkenal

Masalah teror sudah menjadi musuh bagi semua negara di dunia (terutama negara-negara barat), Keeksistensian dan aksinya banyak meresahkan masyarakat (Walau ada beberapa yang menurut saya mempunyai tujuan yang jelas dan mulia), Namun begitu tetap saja teroris dianggap sebagai sesuatu yang terlarang.
Berikut ini adalah 7 Kelompok Teroris paling terkenal di dunia :
7. Revolutionary Armed Forces of Colombia
Kelompok teroris Kolombia yang dianggap masih setia dengan paham Marxis-Leninis serta dianggap sebagai salah satu gembong perdagangan narkoba dunia. Didirikan tahun 1964 dan hingga kini tercacat ada 12 ribu pejuang dari kelompok ini yang setia menjarah uang orang-orang kaya untuk diberikan kepada masyarakat miskin.
6. Kurdistan Worker’s Party
Dikenal sebagai PKK, kelompok ini didirikan pada 27 November 1978 di Turki dan berorientasi untuk memerdekakan negara kurdi. Wilayah operasinya berada di Turki, Iran, Suriah dan Irak.
5. Liberation Tiger of Tamil Eelam
Kelompok teroris paling berpengaruh di Sri Lanka, didirikan oleh Velupillai Prabhakaran pada bulan Mei 1976. Dan hingga kini dilarang di 32 negara di dunia karena aksinya yang telah banyak membunuh petinggi Sri lanka dan India
4. Hezbollah
Salah satu kelompok teroris paling berbahaya di dunia. Kelompok teroris ini berpusat di Lebanon, namun juga eksis di Iran dan Suriah. Orientasi utamanya adalah memerdekakan negara-negara Syiah dari penjajahan Amerika serikat dan antek-anteknya.
3. Taliban
Taliban adalah organisasi teroris yang didirikan oleh suku Pashtun dengan dukungan beberapa negara Islam seperti Arab, Chechen, Uzbek, Tajik Punjabi. Sebagian besar anggotanya adalah mahasiswa. tujuan utamanya adalah mengusir pendudukan NATO di Afganistan dan sekitarnya.
2. Hamas
Singkatan untuk “Harakat Al-Muqawama Al-Islamia”, Hamas adalah kelompok sosio-politik teroris Palestina yang didirikan pada tahun 1987. Organisasi ini didirikan dengan tujuan Jihad dan untuk melepaskan Palestina dari penjajahan Israel. Dikenal karena pelaku bom bunuh diri yang pemberani, kelompok teroris ini secara signifikan didukung oleh Hizbullah untuk membunuh warga sipil Israel dan petugas pertahanan.
1. Al-Qaeda
Siapa yang tak kenal dengan Al-Qaeda. Kelompok teror terbesar di antara semua kelompok teroris di seluruh dunia. Kelompok ekstrimis Islam ini didirikan pada tahun 1989 oleh Osama bin Laden, Kelompok ini terkenal di seluruh dunia setelah serangan 11 September. Walaupun pemimpin utamanya yakni Osama dikabarkan sudah tewas, namun organisasi ini tetap hidup.

sumber : serba-sepuluh.blogspot.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *