0

5 Hercules Angkat Besi Dalam Sejarah Olimpiade

Istilah ”Hercules” mungkin cocok disematkan kepada mereka para atlit angkat besi dunia yang berhasil menorehkan angkatan terberat. Dan diantara sekian banyak negara di dunia, Uni Soviet-lah yang menjadi negara yang paling banyak melahirkansosok “Hercules” tersebut. Berikut 5 atlet dalam sejarah Olimpiade dengan julukan manusia terkuat di dunia, yang berhasil unikgaul.com sarikan dari id.olahraga.yahoo.com.
1.Vasily Alexeev, Uni Soviet
  Vasily Alexeev merupakan atlet angkat besi asal Uni Soviet yang paling sukses diajang Olimpiade hingga hari ini. Vasily pernah menyumbang emas bagi negaranya pada Olimpiade Munich, Jerman (1972) dan Olimpiade Montreal, Kanada (1976).
Dia menjadi atlet pertama yang mampu menahan beban 600 kilogram pada tiga angkatan dan 400 kilogram untuk dua angkatan. Ia juga tercatat 80 kali memecahkan rekor dunia.
 2. Gerd Bonk, Jerman

Lifter asal Jerman bernama Gerd Bonk, memang tidak pernah memenangkan medali emas satupun, baik di Olimpiade maupun kejuaraan dunia lainnya. Namun demikian, medali perunggu pada Olimpiade Munich, Jerman (1972) dan medali perak di Olimpiade Montreal, Kanada (1976) berhasil diraihnya. Beban terbesar yang pernah diangkatnya mencapai 572,5 kilogram untuk tiga kali angkatan.
 3. Leonid Zhabotinsky, Uni Soviet

Rekor dunia sudah dipecahkan sebanyak 19 kali, oleh atlet kelahiran Ukraina pada 1938 bernama Leonid Zhabotinsky. Medali emas diperolehnya pada Olimpiade Tokyo, Jepang (1964) dan Olimpiade Meksiko (1968). Karenya tak heran jika Leonid disebut-sebut, sebagai orang terkuat di dunia pada era 1960-an. Beban terbesar yang pernah diangkatnya 572,5 kilogram untuk tiga kali angkatan.
 4. Yuri Vlasov, Uni Soviet

Saat Olimpiade di Roma, Italia (1960), Vlasov merupakan atlet angkat besi pertama Uni Soviet yang menyumbangkan medali emas. Pada Olimpiade berikutnya di Jepang, dia harus puas hanya menyumbangkan medali perak. 31 rekor dunia berhasil dipecahkannya pada periode pertengahan 1950-an hingga pertengahan 1960-an. 570 kilogram adalah beban terbesar yang pernah diangkatnya.
 5. Norbert Schemansky, Amerika Serikat

537 kilogram adalah beban terbesar yang pernah diangkat Norbert Schemansky atlet angkat besi terbesar Amerika dalam Olimpiade. Selain itu, prestasi Schemansky cukup memuaskan. Tercatata, medali emas pada Olimpiade Helsinki, Finlandia (1952) dan medali perak pada tiga Olimpiade: London, Inggris (1848); Roma, Italia (1960); Tokyo, Jepang (1964)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *