0

5 Hewan Dengan Wajah Terunik di Dunia

1.      Venus-Kucing Berwajah Dua

  Hewan berwajah unik pertama adalah, kucing bernama venus. Ya, kucing ini sempat menghebohkan karena penampilannya yang sangat unik. Pasalnya, kucing peliharaan Christina, yang berasal dari Carolina Utara ini, memiliki dua bagian wajah yang berbeda. Wajah kucing itu seperti terbelah menjadi dua bagian yang sempurna, di mana satu sisi berwarna hitam legam, sementara sisi lainnya berwarna cokelat oranye. Yang lebih mengejutkan lagi, kedua bola mata venus juga memiliki warna yang berbeda. Di mana sebelah mata kiri berwarna biru, sementara satunya berwarna kuning.
Kucing berpenampilan unik dan sangat langka ini, diakibatkan adanya kelainan genetik. Menurut beberapa penelitian, venus diduga memiliki dua tipe DNA yang terjadi karena fusi dua embrio. Gen yang menentukan perwarnaan hitam, bekerja di salah satu sisi wajah, dan gen pewarnaan oranye timbul disisi lainnya. Ketika berkembang, dua bagian bertemu tepat di tengah, menghasilkan kucing yang memiliki dua wajah. Sementara warna matanya yang berbeda, disebabkan oleh kelainan heterochromia.
Sang majikan mengatakan bahwa kucing betina peliharaannya, memang memiliki kondisi wajah seperti itu sejak lahir. Namun, berkat keunikannya, kini kucing berusia 3 tahun tersebut begitu populer di dunia. Awalnya, sang pemilik sempat memposting foto venus di beberapa situs jejaring sosial. Dan beberapa hari kemudian, kucing ini lantas menjadi selebriti yang memiliki akun facebook, dengan jumlah fans yang begitu banyak.

2.  Frank dan Louie-Kucing Berwajah Dua

Selain venus, kucing berwajah dua lainnya yang unik, yaitu kucing bernama frank dan louie. Kucing ini begitu istimewa karena memiliki dua mulut, dua hidung, dan tiga mata, yang hidup dalam satu otak. Tidak hanya itu, kucing berusia 12 tahun itu kini bergelar sebagai kucing berwajah dua yang tertua di dunia.
Frank dan louie disebut sebagai kucing janus, yaitu kucing yang memiliki kelainan genetik. Ia dipelihara oleh Marty Steven, seorang warga Amerika Serikat yang tinggal di dekat kota Worcester, negara bagian Massachussets. Awalnya, Marty sempat ragu kucingnya yang lahir pada 8 September 1999, bisa hidup hingga dewasa dengan kondisi seperti itu. Sebab biasanya, kucing yang masuk dalam golongan janus, hanya bisa bertahan hidup selama empat hari.
Para dokter hewan yang memeriksanya mengatakan jika kucing berwajah dua itu, tidak akan hidup lama karena menderita cacat bawaan yang membuatnya sulit makan. Akibatnya, ia akan menderita kelaparan dan terkena pneumonia. Namun, Marty tetap bersikeras membawa pulang kucing itu dan memeliharanya.
Menurut Marty, dari tiga mata yang dimilikinya, hanya dua yang bisa melihat, tetapi kedua hidungnya dapat berfungsi dengan baik. Sementara salah satu dari kedua mulutnya, tidak memiliki rahang rendah dan tidak terhubung dengan kerongkongan. Oleh karena itu, hanya satu mulut yang bekerja untuk makan. Meski kondisinya rumit, tetapi terbukti bisa bertahan hidup hingga berusia 12 tahun. Itulah sebabnya, Guinness World Record mencatatnya sebagai kucing abnormal yang bisa berumur panjang.

3.  Axolotil

 

Hewan berwajah unik berikutnya adalah, axolotil, yaitu ikan aneh yang berasal dari Mexico. Inilah hewan yang memiliki wajah dan bentuk tubuh yang unik. Warna tubuhnya pun memiliki warna yang lucu, seperti merah muda. Tidak hanya itu, hewan ini memiliki rambut merah yang merupakan insang. Insang ini tampak berada di samping kepalanya, sehingga sepintas tampak seperti tanduk. Orang-orang timur sering menimbulkan fantasi yang dikaitkan pada suatu legenda mengenai ular naga. Oleh karena itu, tidak jarang mereka disebut juga sebagai ikan naga.
Binatang eksotis yang nampak lucu ini, kadang disebut juga sebagai Mexican walking fish, sebab ia seperti ikan yang memiliki tangan dan kaki. Akan tetapi, sebenarnya axolotil bukanlah sejenis ikan, melainkan sejenis salamander langka yang hanya dapat ditemukan di danau xochimilco, Meksiko.
Axolotil juga termasuk kadal yang memiliki umur panjang. Sebab, ia dapat menumbuhkan kembali anggota tubuh, seperti taring, kulit, organ, dan bagian dari otak dan tulang belakangnya yang terluka. Beberapa binatang lain mempunyai kemampuan untuk beregenerasi, tetapi hanya salamander meksiko inilah yang memiliki keistimewaan, yaitu dapat menumbuhkan kembali begitu banyak bagian tubuh yang berbeda, di sepanjang hidupnya. Namun, amfibi langka ini terancam punah karena polusi dan diburu untuk dijadikan peliharaan.

4. Aye – Aye

 

Berikutnya adalah hewan bernama aye-aye yang merupakan hewan berwajah lucu dan paling langka di dunia. Hewan yang beraktivitas pada malam hari ini, terlihat seperti campuran dari beberapa variasi binatang. Tubuh aye-aye dewasa, akan terlihat seperti kucing besar, tetapi memiliki wajah yang mirip ferret atau hewan sejenis musang. Memiliki bulu hitam berantakan, dan berekor panjang. Telinganya pun mirip kelelawar yang dapat berputar dengan bebas. Selain itu, gigi hewan ini tumbuh secara konstan, mirip seperti gigi hewan pengerat. Ia juga memiliki sepasang mata bulat besar berwarna hijau, memiliki 5 jari tangan hitam, dengan kuku tajam dan jari tengah yang panjangnya 3 kali lipat jari lainnya.
Selain berpenampilan aneh, hewan lucu ini memiliki keistimewaan yang tidak mampi dimiliki oleh hewan lainnya. Ia dapat menggunakan jari tengahnya yang menonjol seperti ranting kering, untuk mendeteksi larva serangga yang tersembunyi di dalam kulit pohon. Sambil memanjat, aye-aye akan mengetuk-ngetuk permukaan kulit pohon, dan ketika terdengar adanya suara yang berpotensi menunjukkan adanya makanan, aye-aye akan menggerogoti kayu tersebut untuk mendapatkan mangsa kesukaannya, yaitu belatung.
Hewan penyendiri ini, menghabiskan sebagian besar hidupnya di pohon. Madagaskar adalah satu-satunya tempat di bumi, di mana binatang ini bisa ditemukan di alam bebas. Akan tetapi, keberadaan aye-aye ini terancam punah, karena kehilangan habitat yang disebabkan oleh perburuan. Meskipun beratnya hanya sekitar 2 kilogram di alam liar, binatang kecil ini juga dipandang sebagai pertanda kematian oleh masyarakat lokal di Madagaskar.

5.      Elwood-Anjing Terjelek

 

Hewan berwajah unik terakhir adalah anjing bernama elwood. Keunikan wajah yang dimilikinya tidak membuat anjing campuran antara Chinese crested dan chihuahua ini tampak menawan, tetapi Elwood merupakan anjing berpenampilan mengerikan yang memenangkan kontes anjing terjelek di California pada tahun 2007 silam. Ia memenangkan penghargaan pada tahun itu, karena ia benar-benar anjing paling jelek di kompetisi. Namun, berkat wajahnya yang buruk itulah, kini elwood menjadi anjing yang terkenal di dunia.
Elwood memiliki tubuh kecil, dengan mimik wajah yang mirip seperti alien. Tampil dengan potongan rambut ala mohawk, dengan bulu-bulu rambut yang berantakan. Bentuk telinganya pun tidak wajar, tidak sebanding dengan ukuran mukanya yang kecil. Selain itu, yang membuat banyak orang geli saat melihatnya adalah, lidahnya yang menjulur keluar ke arah samping.
Peternakan di mana tempat ia dilahirkan, sempat berniat menjualnya. Namun, tidak ada pembeli yang meminatinya karena dia terlalu jelek untuk dijual. Beruntung, seorang wanita bernama Karen Quigley mengadopsi Elwood untuk tinggal bersamanya di New Jersey, Amerika Serikat. Mulai dari situlah kehidupan elwood berubah drastis, yang awalnya dikucilkan, kini Elwood disayangi oleh majikannya.

Sang pemilik tidak pernah berpikir jika anjing peliharaannya itu merupakan anjing yang jelek, bahkan semenjak diikutinya kontes anjing terjelek di California, kini banyak orang yang memuji dan menyayangi elwood, terutama anak kecil yang begitu menyukai elwood karena penampilannya yang lucu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *