0

5 Restoran Tertua di Dunia

Menurut Guinness Book of World Records, Restaurant Botin di Madrid di Spanyol adalah restoran yang masih beroperasi sekaligus menyandang predikat sebagai restoran tertuadi dunia, yang dibuka pada tahun 1725 m. Tapi beberapa restoran lain di seluruh Eropa, ternyata juga memiliki gelar “tertua”. Berikut  lima diantaranya:

1. Stiftskeller St Peter (803) – Salzburg, Austria



Stiftskeller St Peter adalah restoran dalam dinding-dinding biara di Archabbey St Petrus, Salzburg. Diklaim sebagai penginapan tertua di Eropa Tengah karena sebuah dokumen menyebutkan angka 803 AD. Stiftskeller St Peter dikenal sebagai restoran tertua dan penginapan yang terus beroperasihingga kini, dan tagline marketingnya berbunyi “Asli keramahan Salzburg selama lebih dari 1.200 tahun”. Tetapi tidak ada bukti sejarah untuk ini. Ini adalah restoran modern yang dibangun di situs biara tua.

2. Zum Franziskaner (1421) – Stockholm, Swedia

Sudah sewajarnya bahwa dari tempat didirikannya oleh biarawan Jerman tahun 1421 (mengklaim sebagai restoran tertua di kota ini) harus menjajakan botol bir dan sosis hangat dari Jerman dan Austria. Bangunan yang saat ini ditempati berasal dari tahun 1906, interiornya sebuah combo atmosfer kios kayu, lemari hiasan dan karya seni langit-langit.

3. La Tour d’Argent (1500) – Paris, Prancis

 Situs restoran sendiri mengklaim bahwa didirikan pada tahun 1582 dan sering dikunjungi oleh Raja Perancis Henri IV. Penyebutan pertama restoran mungkin pada tahun 1860 panduan Baedeker untuk Paris, yang menyebutkan sebuah restoran yang terkait dengan “Hotel dari Tour d’Argent”. Restoran ini dimiliki dan dioperasikan oleh keluarga Terrail. André Terrail adalah pemilik dan sekaligus manajer kini.

4. Die Letzte Instanz (1621) – Berlin, Jerman

Rumah ini terletak di jalan Orphans di pusat kabupaten. Konon, ini adalah restoran tertua di Berlin, berasal dari tahun 1525. Zur Letzten Instanz diduga telah sering dikunjungi oleh orang-orang dari Napoleon untuk Beethoven.

5. A La Petite Chaise (1680) – Paris, Prancis


Restoran ini mengambil namanya dari transformasi kata seorang Perancis lama “cheze” asal latin, casa artinya rumah terisolasi. Pembangunan pertama bangunan ini berdiri sejak tahun 1610 dan terletak di patch samall disebut “Louvre kecil” dekat Grenelle. Antara 1652 dan 1680 rumah ini diduga dibangun. Melalui salesof mencatat bangunan ini bahwa pada tahun 1680 Georges Rameau sudah menjual anggur di tempat ini. Dengan anggur, beberapa makanan yang disajikan dan telah menjadikannya salahsatu restoran tertua di sini.

 sumber

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *