0

5 Robot Pembantu Rumah Tangga Tercanggih di Dunia

Makin canggihnya teknologi robot di dunia, membuat berbagai perusahaan berlomba-lomba membuat robot terutama robot untuk rumah tangga. Sehingga memudahkan kita menyapu,mengepel, mencuci dan berbagai perintah lainnya,tanpa susah payah mencari pembantu.


1. Apripoco

 Apripoco adalah robot berbentuk seperti kura-kura , robot pintar ini dapat membantu pekerjaan rumah seperti menyalakan resquker , memasak air , dan pekerjaan rumah lainnya .
Cara menggunakannya cukup dengan perintahkan dengan berbicara pada robot Apripoco itu. Dan dia langsung mengerjakan perintah diri sang majikan .

2. robot PR2

Perusahaan Willow Garage dari Silicon Valley telah memasarkan robot PR2 buatan mereka. Robot ini memiliki dua tangan pemegang, scanner laser dan banyak sekali kamera untuk melipat pakaian, menyajikan minuman, membersihkan meja,  hingga bermain bilyard. Bila baterainya kritis, ia secara otomatis mencari sendiri stop kontak dan mengisi kembali baterainya.

3. RoboCleaner RC3000

ini alat pembersih lantai yang menggunakan kombinasi sapu dan vacuum (penyedot) debu dan kotoran. Dengan teknologi robotic, alat ini dapat bekerja secara otomatis membersihkan ruangan dengan sempurna tanpa menyisakan debu di lantai maupun di karpet. RoboCleaner juga dilengkapi alat navigasi dan fitur sensor, sehingga mampu mendeteksi benda-benda yang ada di sekitarnya seperti kabel, furnitur dan lain-lain. Tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan Anda, karena alat ini juga dilengkapi sensor yang dapat mendeteksi tangga, sehingga alat ini tidak terguling.
4. HERB

HERB (Home Exploring Robot Butler) mungkin akan menjadi pesaing para pembantu rumah tangga di masa depan karena robot ini memang akan melakukan banyak tugas rumah tangga mulai dari cuci piring, ambil makanan sampai buang sampah.
HERB yang dikembangkan oleh Quality of Life Technology Center dan Carnegie Mellon University menggunakan 6 buah komputer dan banyak sensor untuk melakukan banyak tugas di sekitar dapur.
Di dalam demonya diperlihatkan bagaimana HERB mengambil minuman yang kita minta dan kemudian langsung memberikannya (melepaskan minuman) pada saat tangan kita mendekati minuman tersebut.

5. Kojiro

Ilmuan di Tokyo University’s JSK Robotika Laboratorium, telah menciptakan sebuah robot humanoid bernama Kojiro, uniknya ia bisa bergerak dalam mode alami karena memiliki struktur kerangka mirip dengan manusia dan memiliki tulang belakang buatan.
Canggihnya lagi, terdapat sekitar 100 sistem mirip otot tendon yang memungkinkan Kojiro lebih bebas bergerak. Sensor ditambahkan ke beberapa sendi dan accelerometer serta dua gyroscopes untuk membantu keseimbangan robot.
Pimpinan tim ilmuwan, Profesor Nakanishi mengatakan, kegunaan tulang belakang memungkinkan Kojiro lebih fleksibel bergerak untuk mengerjakan pekerjaan rumah.
Namun, dalam salah satu makalah ilmiah, mereka menulis: “Saat ini normal robot humanoid tidak cocok untuk bekerja di lingkungan kita sehari-hari.
Kurangnya keamanan dan fleksibilitas adalah alasan utama. Bahan dasar robot yang keras dan berat bisa melukai manusia atau benda-benda di sekitarnya, dan mereka dapat melakukan tugas-tugas terbatas dibandingkan dengan apa yang manusia lakukan dalam kehidupan sehari-hari. “
Saat ini para ilmuwan menguji gerakan kecil Kojiro menggunakan konsol game controller. Tim ilmuwan berharap suatu hari nanti akan dapat menangani gerakan-gerakan yang rumit dengan menggunakan seluruh anggota badan. Andaikan itu terwujud, suatu hari nanti anda akan menemukan Kojiro melayani sarapan pagi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *