0

5 Film Terbaik Dunia yang Bertemakan Kungfu

 1. Shanghai Kid

 Film tersebut dirilis pada 2000 dengan disutradarai oleh Tom Dey. Aktor bela diri, Jackie Chan, didapuk jadi pemeran utamanya.

Chon Wang (Jackie Chan) adalah penjaga kekaisaran Cina. Ia dikirim untuk mencari Putri Pei-Pei (Lucy Liu) yang diculik dan dibawa ke Amerika Serikat.

Chon pun bekerja sama dengan seorang penjahat bernama Roy O’Bannon (Owen Wilson). Mereka berdua pun bersiap bertarung melawan pasukan Nathan Van Cleef (Xander
Berkeley).

Sampai akhirnya dua orang berbeda etnis itu sukses mengalahkan Natha dan mendapatkan sang putri. Film berdurasi 110 menit itu penuh dengan aksi bela diri yang
mengagumkan khas Jackie Chan dan unsur komedi yang menambah kenyamanan menonton film itu.

Respons kritikus pun menunjukkan hasil yang positif. ‘Shanghai Noon’ berhasil meraup penghasilan sebesar $ 99 juta atau sekitar Rp 954 miliar.

2. Kungfu Hustle


Film asal Hongkong itu dibintangi dan disutradarai oleh Stephen Chow. Sama seperti ‘Shanghai Noon’, film ‘Kung Fu Hustle’ juga berjenis komedi dengan paduan efek
khusus perkembangan teknologi animasi yang berkembang pada tahun itu.

Bercerita tentang seorang pengangguran bernama Sing (Stephen Chow) yang berniat untuk bergabung dengan Geng Kapak. Tapi niat tersebut gagal, Sing pun menarik amarah
untuk ketua geng, Brother Sum (Kwok-Kwan Chan).

Sing dan temannya Bone (Chi Chung Lam) ditangkap dan siap dibunuh. Tapi, mereka berhasil lolos dari jeratan gembok di tangan.

Geng Kapak kembali menyerang Sing. Tapi, kini ia dibantu oleh ketiga teman lainnya yang ahli bela diri.

Film tersebut dirilis pada 2004 dengan durasi 95 menit. Total $ 101 juta atau sekitar Rp 972 miliar didapat dari film ‘Kung Fu Hustle’.


3. Rush Hour


Jackie Chan kembali mengambil peran untuk film kung fu. Kali ini lewat film ‘Rush Hour’.

Bercerita tentang inspektur detektif Lee (Jackie Chan) yang berhasil memimpin razia dan menangkap pemimpin Juntao (Tom Wilkinson). Tapi yang didapat hanya tangan
kanannya, Sang (Ken Leung).

Sang akhirnya berhasil lepas dari tahanan dan menculik putri Han (Tzi Ma) bernama Soo Young. Han meminta bantuan inspektur detektif Carter (Chris Tucker) yang berada
di Amerika Serikat.

Carter pun meminta kerjasama dengan Lee dan akhirnya mereka mulai pekerjaan mencari penjahat tersebut. Sampai akhirnya Carter dan Lee memenangkan pertarungan dan
mendapat liburan gratis ke Hong Kong.

Film tersebut sudah dibuat dua sekuelnya pada 2001 dan 2007 dengan Jackie Chan dan Chris Tucker tetap menjadi bintang utamanya. Film arahan sutradara Brett Ratner itu meraih pendapatan di seluruh dunia sebesar $ 244 juta atau sekitar Rp 2 triliun.

4. IP Man


Film itu didasari dari autobiografi dari seorang grandmaster seni bela diri Wing Chun bernama, Ip Man. Film tersebut terfokus pada peristiwa dalam kehidupan Ip (Donnie Yen) yang terjadi di kota Foshan selama Perang Sino-Jepang.

Kisah dimulai saat para pasukan Jepang masuk ke dalam kehidupan semua orang di Foshan. Rumah Ip diklaim oleh Jepang dan digunakan sebagai markas besar penduduk Foshan.

Sampai akhirnya kekayaan keluarga Ip dirampas dan ia bekerja sebagai kuli tambang batu bara. Setelah itu masyarakat Foshan mengadakan pertempuran.

Tapi Ip dibawa pergi di tengah-tengah kekacauan. Ip diasingkan ke Hong Kong dan kemudian mendirikan sekolah Wing Chun, dimana murid-muridnya datang, salah satunya
adalah Bruce Lee.

Film ‘Ip Man’ berhasil memenangkan dua penghargaan di Hong Kong Film Awards untuk kategori Best Film dan Best Action Choreography.


5. Enter The Dragon


Bruce Lee adalah salah satu master bela diri. Ia pun menjadi bintang utama dalam film ‘Enter The Dragon’.

Tiga ahli kung fu, Lee (Bruce Lee), Roper (John Saxon), dan Williams (Jim Kelly), ambil bagian dalam kompetisi silat di sebuah pulau yang dikuasai oleh kriminal Han (Shih Kien). Lee kemudian direkrut untuk menyelidiki aksi Han yang melarang masuknya senjata api.

Lee pun dalam masalah ketika harus berhadapan dengan Han. Ia pun menuntut balas juga akan kematian adikya.

Aksi Lee menerobos masuk ke dalam markas rahasia Han jadi atraksi spektakuler. Tapi film itu menjadi film terakhir Bruce Lee sepanjang kariernya mengarungi dunia akting.

‘Enter The Dragon’ meraih keuntungan $ 25 juta (Rp 240 miliar) di Amerika Utara, jumlah yang sangat besar dibandingkan dengan budgetnya yang hanya $ 850.000 (Rp 8 miliar). Film tahun 1973 juga jadi film produksi bela diri pertama untuk perusahaan Warner Bros.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *