0

5 Pemandangan Spektakuler di Liat Dari Luar Angkasa

majalah Popular Science AS telah memuat serangkaian foto bumi, agar kita dapat menyaksikan dengan lebih seksama bumi sebagai kampung halaman tempat kita menetap yang indah ini.

Karena perilaku kejam manusia bumi semakin lama semakin lemah, majalah Popular Science memanfaatkan momen Hari Bumi ini untuk memaparkan kembali kepada pembaca, 5 pemandangan spektakuler dari seluruh dunia, agar pembaca dapat melihat dengan lebih seksama tempat kita menetap ini.


1. Gunung Krakatau, Indonesia

Gunung Krakatau yang terletak di selat Sunda yang berada di antara pulau Sumatera dan Pulau Jawa, ketika mengalami letusan dahsyat, dapat menciptakan semburan api yang sangat kuat, yang terus menerus menyemburkan abu vulkanis dan gas bumi, jika dilihat dari angkasa seolah seperti sebuah baskom api raksasa. Gunung api ini telah mengalami letusan besar pada tahun 1883, menyebabkan 36.000 orang tewas, merupakan salah satu gunung api yang paling aktif di Indonesia.


2. Sungai San Juan, Amerika Serikat

Sungai San Juan di Amerika Serikat. (Foto diambil dari website NASA)

Jika dilihat dari angkasa, sungai San Juan di bagian Barat Daya Amerika ini seperti sebuah leher angsa raksasa. Sungai ini bersumber dari pegunungan San Juan di wilayah selatan Colorado, mengalir ke arah Barat Daya hingga mencapai New Meksiko, lalu memutar memasuki Utah, bertemu dengan sungai Colorado di dekat monument national Rainbow Bridge, dengan panjang mencapai 580 kilometer.


3. Kabupaten Kelan, Shanxi, RRC

Kabupaten Kelan di Tiongkok terletak di dataran tinggi bertanah kuning di Jinxibei, di barat laut kaki gunung Guan Cen, karena di wilayah ini terdapat “Gunung Kelan”, “Sungai Lanyi” maka sangat dikenal. Jika dilihat dari angkasa, Kelan seperti sehelai daun raksasa dengan guratan urat daun yang sangat jelas terlihat.


4. “Kepulauan Terindah di Dunia” Pulau Bora – Bora

Penulis AS, James Mitchina, memuji kepulauan Bora – Bora di Samudera Pasifik sebagai “kepulauan yang paling indah di dunia”. Jika dilihat dari angkasa, kepulauan Bora – Bora seperti sebuah lukisan cat air.

Di dalam lukisan ini, sebuah bekas gunung api berpuncak ganda yang tertutup hutan lebat yang hijau berdiri tegak di bagian tengah pulau itu, aliran danau berwarna hijau kebiruan yang indah mengitari sekeliling pulau, ada sebuah waduk pasir yang memisahkan danau aliran dengan laut luas.

Atol yang terdapat di luar waduk pasir, yang nyaris membentuk bulatan sempurna, dan merangkai menjadi sebuah pulau pasir kecil yang dinamakan Motu Paahi


5. Batu Ayers Di Australia

Batu raksasa Uluru, Ayers Rock, di Australia. (Foto diambil dari website NASA)

Batu raksasa, Ayers Rock, di Australia juga dikenal dengan nama batu raksasa Uluru, terletak 340 km dari arah barat daya kota Alice Spring di wilayah utara, adalah sebongkah batu karang yang terbesar di dunia, yang oleh masyarakat setempat disebut sebagai ‘pusar’ bumi kita ini, merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia, dan memiliki sejarah 400 – 600 juta tahun lamanya. Jika dilihat dari angkasa, Ayers Rock ini lebih mirip dengan sebuah bukit pasir yang halus dan bukannya sebongkah batu karang yang utuh.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *