0

8 Kuil Paling Menakjubkan di Dunia

1. Wat Phra Kaew, Bangkok

Wat Phra Kaew atau juga dikenal sebagai kuil Buddha Emerald, dibangun ketika Raja Buddha Yodfa Chulaloke (Rama I) memindahkan ibukota Thailand dari Thonburi ke Bangkok tahun 1785. Kuil megah ini memiliki patung Buddha Emerald yang duduk dalam posisi bermeditasi. Namun, tak ada yang boleh mendekati atau bahkan menyentuh patung tersebut, selain raja.

2. Shwedagon Pagoda, Myanmar
Shwedagon Pagoda juga terkenal dengan sebutan Great Dagon Pagoda. Usut punya usut, ternyata kuil Buddha ini merupakan salah satu pagoda tertua di dunia lho. Bahkan, semua stupa di pagoda tersebut dibuat dari pelat emas asli yang dipasang dengan paku keling tradisional. Tidak hanya itu. Seluruh pagoda juga dilapisi dengan emas. Maka, tak heran jika para wisatawan sangat takjub ketika mengunjungi Shwedagon Pagoda. Megah dan bersinar!

3. Paro Taktshang, Bhutan
Berlokasi di sisi atas tebing lembah Paro, Paro Taktshang merupakan biara yang sering digunakan sebagai tempat meditasi. Kuil BUddha ini dibangun pada tahun 1692. Warga sekitar meyakini bahwa Guru Rinpoche (Buddha kedua) mendatangi seekor harimau betina di Himalaya ketika menempuh perjalanan dari Tibet. Paro Taktshang menjadi salah satu gua harimau, tempat ia bermeditasi.

4. Golden Temple, India
Golden Temple atau juga dikenal sebagai Harmandir Sahib, merupakan salah satu kuil termegah di dunia. Pasalnya, seluruh bagian kuil dilapisi emas murni yang tampak berkilau. Kuil megah, yang dibangun guru kelima Sikh, Guru Arjan Dev, itu berlokasi di Amritsar, Punjab, India, pada abad ke-16. Keindahan kuil emas yang juga dijuluki Darbar Sahib tersebut dilengkapi dengan pemandangan gedung-gedung putih serta danau suci.

5. Candi Prambanan, Indonesia
Candi yang terkenal dengan sebutan candi Roro Jongrang ini dibangun sekitar abad ke-9 masehi telah tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Prambanan didedikasikan untuk Trimurti (tiga dewa utama Hindu) yaitu, Brahma (Pencipta), Wisnu (Pemelihara), dan Shiwa (Pelebur). Bangunan candi Hindu terbesar di Indonesia tersebut terdiri dari 8 candi utama dan sekitar 250 candi anakan.

6. Candi Borobudur, Indonesia
Candi Buddha ini berlokasi di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi berbentuk stupa ini dibangun oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Selain dijadikan pusat rekreasi, Candi Borobudur dianggap sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha, serta tempat ziarah untuk menuntun manusia beralih dari nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran agama Buddha.

7. Wat Rong Khun, Thailand
Wat Rong Khun adalah nama sebuah candi Buddha yang berlokasi di Chiang Rai, Thailand. Candi super megah ini dirancang oleh Chalermchai Kositpipat. Konstruksi candi dimulai sejak tahun 1997 dan ditargetkan selesai pada tahun 2070. Kuil bertemakan warna putih tersebut memiliki ukir-ikiran dinding yang khas dan kemegahan yang luar biasa. Siapa yang tidak takjub sewaktu melihatnya.
8. Kuil Sri Ranganathaswamy, India

Kuil Sri Ranganathaswamy atau Tiruvarangam adalah candi Hindu yang didedikasikan untuk Ranganatha, simbol dewa Wisnu yang berbaring. Kuil megah ini terletak di Srirangam, Tiruchirapalli, Tamil Nadu, India. Dibangun dengan gaya arsitektur Dravida, candi ini dibangun untuk memuliakan sosok dewa Wisnu. Sri Ranganathaswamy sendiri merupakan salah satu kuil paling terkenal di India Selatan yang punya banyak sejarah dan legenda. 
Wisatawan dari seluruh dunia berbondong-bondong memadati berbagai jenis kuil ataupun candi, yang menyimpan begitu banyak sejarah dan legenda. Suka rekreasi ke candi? Manakah candi yang paling berkesan bagi Anda?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *