0

5 Hewan yang Memiliki Mitos Mengerikan di Dunia

Keberadaan hewan di berbagai negara tidak terlepas keberadaannya dengan mitos yang beredar di dalam budaya tutur dan tulis masyarakat dunia. Hewan dicitrakan sebagai sosok tertentu dengan tujuan yang terkadang disembunyikan, hingga beberapa mengatakan bahwa mitos hanyalah sebuah dongeng yang diceritakan secara turun temurun, dan tak lebih hanyalah sebuah hiburan dan upaya untuk menakut-nakuti anak-anak agar tidak berbuat nakal. Berikut uniknya.com merangkum 5 hewan yang memiliki mitos mengerikan:

1. Laba – Laba

 Salah satu legenda yang menarik dari laba-laba adalah asal-muasal nama latinnya yang bernama Arachnida. Berasal dari legenda yang berasal dari tanah para filsuf dan surga para dewa, Yunani. Nama Arachnida pada awalnya adalah nama seorang gadis yang bernama Arachne, seorang perempuan yang dikenal memiliki kemampuan dan kepandaiannya dalam menenun. Bahkan kemampuannya tersebut tidak saja memukai lelaki dari kalangan manusia biasa, melainkan para dewa yang juga tergoda untuk memilikinya.
 Hal itulah yang membuat dewi Athena menyihir Arachne menjadi seekor serangga yang kita kenal dengan sebutan laba-laba. Mitos lain yang tersebar di masyarakat Eropa adalah jika bertemu laba-laba di pagi hari, itu adalah pertanda akan terjadinya peristiwa yang membawa duka dan keprihatinan. Namun sebaliknya, jika bertemu dengan laba-laba di siang hari maka itu adalah pertanda keberuntungan. Namun mitos tersebut terbalik dengan yang ada di Jepang, karena di malam hari laba-laba dianggap sebagai jelmaan iblis.
2. Aye-Aye
 
Sobat Unik aye-aye merupakan salah satu hewan yang memiliki mitos mengerikan, meskipun beratnya hanya mampu mencapai1,8 Kg. Namun hewan yang unik ini dipandang sebagai pembawa malapetaka dan pertanda kematian oleh masyarakat Madagaskar (satu-satunya tempat ditemukannya aye-aye). Menurut legenda masyarakat setempat aye-aye yang memiliki mata gelap dan jari-jarinya yang panjang, akan menyelinap ke dalam sebuah rumah dan mencuri jantung manusia yang sedang tertidur. Maka tak heran meskipun merupakan hewan yang langka, namun masyarakat Madagaskar yang terbakar oleh mitos akan membunuh setiap aye-aye yang mereka temukan.
3. Kucing
 
 Nah sobat Unik mungkin sudah tahu mitos-mitos yang menyelimuti hewan kucing. Bahkan sosok hewan yang satu ini selalu hadir di film-film misteri dan horor, kehadirannya menandakan keburukan dan petaka dalam sebuah adegannya. Pada abad pertengahan di Eropa, kucing dianggap sebagai jelmaan penyihir, sehingga saat itu banyak kucing hitam yang dibunuh secara kejam.
Berbeda dengan masyarakat Mesir yang mempercayai kucing hitam sebagai mahluk keramat dan dipelihara di dalam rumah sebagai pelindung, pembawa kesuburan dan keberuntungan. Mereka percaya bahwa roh para dewa akan masuk ke dalam tubuh kucing dan memberkati keluarga tersebut. Dan siapapun yang membunuh kucing akan mendapatkan bencana dan malapetaka hingga kematian. Sementara di Jepang Kucing hitam pun dipercaya sebagai pembawa keberuntungan, sementara para penjudi Jepang malah membencinya karena akan membawa kerugian bagi mereka.
4. Burung Hantu
  http://www.Indojamtangan.com
Burung hantu merupakan salah satu unggas yang aktif di malam hari, keberadaan dan sikapnya pun dianggap misterius karena tidak semua orang memperhatikan kehidupannya di malam hari. Selain sorot matanya yang menakutkan bahkan suaranya pun mampu menggetarkan bulu kuduk. Sama seperti kucing, burung hantu hampir selalu dihadirkan di dalam setiap film horor dan misteri, sebagai pertanda klimaks sebuah adegan. Di dalam mitos masyarakat Jawa burung hantu dianggap sebagai sahabat setan, sementara di Bali burung hantu yang hingga di sebuah rumah maka seorang perempuan yang ada di dalam rumah itu dinyatakan sedang mengidam.
Berbeda dengan yang ada di India, suara burung hantu dimaknai sebagai akan datangnya kematian. Namun meski dianggap sebagai penyampai malapetaka, burung hantu dianggap mampu mengobati penyakit jantung. Sementara di Yunani, burung hantu memiliki mitos sebagai pembawa keberuntungan ketika mengitari pasukan yang sedang berperang. Selain itu burung hantu pun dianggap sebagai pelindung sekaligus pertanda kemenangan bagi para prajurit ketika berputar-putar di atas mereka.
5. Anjing
  http://www.unikgaul.com
 Mitos umum mengenai hewan berkaki empat yang mampu menyalak dan memiliki naluri tajam ini, adalah mampu mendeteksi keberadaan mahluk gaib yang ada di sekitarnya. Meskipun demikian anjing pun dianggap sebagai mahluk yang menjaga pintu neraka. Sementara di Amerika Serikat, sosok anjing hitam adalah sebuah legenda yang mengerikan. Dikabarkan sosok anjing hitam ini pernah terlihat bergentayangan di wilayah Hanging Hill, Connecticut. Meskipun mahluk misterius tersebut berupa anjing hitam, namun ia mampu berubah ke berbagai wujud. Dilegendakan siapapun yang melihat sosok anjing hitam ini akan mengalami kematian.
Sementara di Meksiko, sosok anjing hitam dan besar yang dikenal dengan nama Cadijo, akan menghantui para pemuda yang nakal dan berjalan-jalan di malam hari di sekitaran desa.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *