0

5 Teknologi yang Membuat Hewan menjadi Robot

Terminator adalah robot yang diciptakan untuk melindungi manusia dari serangan robot lain yang mempunyai niat jahat. Dalam film “Terminator”, sang robot berwjud manusia secara fisik, namun mempunyai program yang dapat dikendalikan oleh sang pembuat robot. Konsep dalam film inilah yang membuat para ilmuwan tertarik untuk membuat terminator di dunia nyata namun memakai objek hewan. berikut uniknya.com merangkum 5 Teknologi yang Membuat Hewan menjadi Robot.


1. Otak komputer untuk lintah


 Kumpulan peneliti di Amerika sedang mengembangkan teknologi otak komputer untuk hewan. Dalam uji coba pertamanya, mereka menggunakan lintah sebagai objek pertama. Dan hasilnya, hewan berukuran kecil ini mampu dikendalikan oleh para peneliti. Meskipun hanya sekedar berjalan maju dan mundur, penemuan ini menjadi awal yang sukses bagi mereka untuk mengendalikan hewan.

2. Alat pengacau otak tikus

Alat ini dipasangkan di sekitar otak tikus dan pada bagian tubuhnya diikatkan semacam pengirim sinyal agar tikus dapat dikendalikan. Perintah yang dikirimkan ke otak tikus ditangkap melalui sinyal pada bagian tubuh, selanjutnya otak asli dari tikus akan kacau dan otak komputer akan bekerja. Saat ini, teknologi ini dikembangkan oleh DARPA.

3. Download memori otak kucing


Siapa sangka jika kucing bisa dijadikan sebagai alat mata-mata? Teknologi mendownload memori otak kucing saat ini tengah dikembangkan. Dengan menyisipkan perangkat penangkap gambar dan suara di otak kucing, menjadikan alat mata-mata ini semakin tersembunyi. Gambar yang ditangkap oleh mata kucing dan suara yang didengan oleh telinga kucing dapat di unduh dan di tayangkan ulang.

4. Burung Elang pengirim data


http://www.indojamtangan.com

Hewan yang menjadi simbol negara Amerika ini sedang diteliti untuk mengembangkan teknologi penyidikan tersembunyi melalui burung Elang. Saat ini, para ilmuwan hanya sebatas memasangkan kamera dan navigasi pada elang untuk menangkap gambar dan mengirimkan data lewat satelit. Untuk proyek selanjutnya adalah dengan mengganti otak elang dengan otak komputer.

5. Robot dengan otak hewan

http://www.unikgaul.com
Jika pada daftar sebelumnya banyak otak hewan yang diganti dengan otak robot, kali ini justru sebaliknya. Syaraf otak hewan disambungkan melalui kabel-kabel yang dihubungkan ke perangkat motorik sehingga robot dapat berjalan. Para peneliti menggunakan otak tikus sebagai edia percobaannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *