0

5 Milyuner Kaya Pemilik Tim Olahraga

Dengan latar belakang bisnis konglomerasi yang beragam, telah mengantarkan beberapa orang di bawah ini, menyandang titel sebagai orang terkaya di dunia. Dengan kekayaannya yang demikian hebat, para miliyuner tersebut mengembangkan bisnis investasinya ke dunia olah raga. Beberapa diantaranya, memiliki atau mengakuisisi berbagai klub olahraga  dari berbagai cabang di beberapa negara. Berikut 5 miliyuner yang dimaksud:

1. Mukesh Ambani

 Tim: Mumbai Indians


Kekayaan bersih: $ 21500000000

Mukesh Ambani Dhirubhai adalah tokoh bisnis India yang juga ketua dan CEO dari konglomerat India Reliance Industries Limited (RIL), 500 perusahaan global Fortune dan perusahaan India yang paling berpengaruh di pasar nilai. Mukesh Ambani, putra sulung pendiri Reliance Industries Ambani Dhirubhai adalah Pemegang Saham terbesar di RIL. Dia memegang 44,7 persen saham di perusahaan yang bergerak pada sektor penyulingan, petrokimia dan sektor migas. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2006 dengan kantor pusatnya di Mumbai, India.

Pada tahun 2013, dia adalah orang terkaya di India dan orang terkaya kedua di Asia, versi majalah Forbes. Ambani terdaftar sebagai  orang terkaya ke-22 di dunia dengan kekayaan pribadi sebesar $ 21500000000. Dia telah mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya India di dunia untuk enam tahun berturut-turut. Dia adalah anggota dewan direksi Bank of America Corporation dan dewan penasehat internasional dari Dewan Hubungan Luar Negeri. Ia juga ketua dewan Indian Institute of Management Bangalore, salah satu sekolah bisnis terkemuka di negeri ini.

Pada 2012, Forbes menamainya pemilik olahraga terkaya di dunia. Dia pemilik klub Mumbai Indians di Indian Premier League.



2. Rinat Akhmetov

Tim: FC Shakhtar Donesk

Kekayaan bersih: $ 15400000000

Rinat Leonidovych Akhmetov adalah seorang pengusaha asal Ukraina. Dia adalah pendiri dan Presiden dari sistem Capital Management (SCM), dan memiliki peringkat di antara orang terkaya di negara ini. Pada Maret 2013, ia tercatat sebagai orang terkaya ke-47 di dunia dengan kekayaan bersih diperkirakan sebesar US 15,4 miliar.

Akhmetov juga pemilik dan Presiden klub sepak bola Ukraina Shakhtar Donetsk. Pada tahun 2006-2007 dan 2007-2012 Akhmetov adalah anggota dari Ukraina Verkhovna Rada (parlemen) untuk Partai Daerah.



3. Paul Allen
 

Tim: Seattle Seahawks, Portland Trail Blazers

Kekayaan bersih: $ 15000000000

Paul Gardner Allen adalah seorang penemu Amerika, investor dan dermawan, paling dikenal sebagai co-founder Microsoft Corporation, bersama rekannya Bill Gates. Per Maret 2012, ia menjadi orang ke-48 terkaya di dunia, dengan kekayaan diperkirakan sebesar $ 14.2 miliar.

Dia adalah pendiri dan ketua Vulcan Inc, yang mengelola berbagai bisnis dan upaya filantropi. Allen juga memiliki portofolio investasi multi-miliar dolar yang mencakup perusahaan teknologi, kepemilikan real estate, dan saham teknologi lainnya, media, dan perusahaan konten.

Allen juga memiliki dua tim olahraga profesional, Seattle Seahawks dari National Football League (NFL), dan Portland Trail Blazers dari National Basketball Association (NBA). Ia juga pemilik sebagian dari Seattle Sounders FC, yang bergabung dengan Major League Soccer (MLS) pada tahun 2009.



4. Mikhail Prokhorov
 

Tim: Brooklyn Nets

Kekayaan bersih: $ 13000000000

Mikhail Prokhorov Dmitrich adalah multibillionaire asal Rusia, yang juga politisi, dan pemilik tim basket Amerika Brooklyn Nets. Setelah lulus dari Institut Keuangan Moskow yang membesarkan namanya di sektor keuangan dan kemudian menjadi salah satu industrialis terkemuka Rusia di sektor logam mulia.

Sementara ia juga bergerak di Norilsk Nickel, perusahaan yang menjadi produsen nikel dan paladium terbesar di dunia. Mantan ketua Polyus Gold, produsen emas terbesar Rusia, dan mantan Presiden ONEXIM Group.

Pada Juni 2012 ia mendeklarasikan pendirian partai politik baru “Partai Civic Platform”. Dia adalah orang terkaya ketujuh dari Rusia dan orang terkaya ke-58 di dunia menurut Forbes 2012 daftar dengan kekayaan diperkirakan mencapai US $ 13200000000.



5. Roman Abramovich
 

Tim: Chelsea

Kekayaan bersih: $ 10200000000

Roman Arkadyevich Abramovich adalah seorang taipan bisnis Rusia dan pemilik utama dari perusahaan investasi swasta Millhouse LLC. Ia dikenal di luar Rusia sebagai pemilik Chelsea Football Club, tim sepak bola Liga Premier Inggris.

Abramovich, dengan kekayaan yang diperkirakan sebesar US $ 14600000000, saat ini terdaftar sebagai orang terkaya ke-5 di Rusia dan orang terkaya ke-50 di dunia, menurut Forbes 2012. Pada Februari 2013, Abramovich berlabuh nya yacht Eclipse di New York City senilai $ 1500000000, terbesar kedua dunia.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *